cover
Contact Name
Inggih Permana
Contact Email
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
ISSN : 24608181     EISSN : 25028995     DOI : -
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of information system. Its scope encompasses information system engineering and management. It was first published in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Agustus" : 14 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBASIS ANDROID PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MASJID RAYA PEKANBARU Zarnelly Zarnelly; Andriyan Saputra Tanjung
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13215

Abstract

Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Pekanbaru adalah sekolah yang terletak di Jl. Masjid No. 13 Kampung Bandar Senapelan, kota Pekanbaru. Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Pekanbaru memiliki murid berjumlah 85 orang terdiri dari 5 kelas dan 9 tenaga pengajar. Di Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Pekanbaru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran, dikarenakan kondisi pribadi anak tidak sama. Hal inilah guru harus memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk mengulang pembelajaran yang telah disampaikan. Tetapi setelah di berikan pekerjaan rumah (PR) anak tidak fokus untuk mengerjakannya dikarenakan anak lebih sering menggunakan smartphone dimana anak menggunakan youtube sebagai tontonannya yang menyebabkan semangat anak untuk belajar berkurang. Penelitian ini membangun aplikasi multimedia pembelajaran anak untuk mengatasi pemasalahan yang terjadi pada sekolah. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dan pemodelan yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Teknik pengujian aplikasi Menggunakan Black Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT). Berdasarkan pengujian Black Box Testing Aplikasi tersebut berjalan 100%. Berdasarkan Pengujian User Acceptance Testing (UAT) yang dilakukan terhadap 10 responden yaitu 5 responden guru dan 5 responden anak. Didapatkan tingkat penerimaan pengguna guru adalah 91,5% dan anak 91,2% termasuk kedalam kategori sangat baik. 
ANALISIS KUALITAS LAYANAN PORTAL AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL PADA FKIP UNIVERSITAS RIAU Medyan Tiwi Rahmawita
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13062

Abstract

Sistem Informasi Portal Akademik telah diterapkan di FKIP Universitas Riau sejak tahun 2009. Namun dalam penerapan Portal Akademik ini masih ditemukan masalah yang terjadi yaitu masih kurang update informasi pada portal akademik, sulit loading dan terjadinya error pada sistem, dan tingkat keamanan pada sistem masih kurang dan lamanya waktu proses penyelesaian keluhan atau masalah mahasiswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Portal Akademik dengan menggunakan metode E-Servqual. Penelitian ini menggunakan metode E-Servqual (Service Quality Electronic) dengan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari  penelitian ini didapatkan nilai gap} perdimensi yang bernilai negatif yaitu dimensi efficiency gap bernilai (-0,54), dimensi reliability yaitu (-0,43), dimensi responsiveness yaitu (-0,39) dan dimensi privacy yaitu (-0,23). Nilai TESQ yang diperoleh adalah (-0,62) dengan hasil negatif yang berarti layanan yang diberikan oleh Portal Akademik saat ini dikatakan belum memuaskan dan hasil pengolahan data responden diperoleh nilai CSI yaitu 0,89 (89\%) maka nilai CSI berada pada kriteria 0,81-1,00 yang berarti mahasiswa/i merasa puas dengan layanan portal akademik saat ini.Kata Kunci: CSI, E-Service Quality, Portal Akademik, TESQ
STUDI KELAYAKAN PENERAPAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU megawati megawati
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology  dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih  tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology  dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih  tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
ANALISA PENERIMAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SI CADIAK PANDAI MENGGUNAKAN TECHNOLOGHY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA SMK N 1 BUKITTINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19 Fellya Rahma Oktiva; Eki Saputra; Syaifullah Syaifullah; Medyantiwi Munzir
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13182

Abstract

Meningkatknya kasus positif-19 di Indonesia sangat berdampak di berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah menyiapkan sebuah portal media pembelajaran Rumah Belajar – Kelas Maya dimana setiap daerah memiliki akses masing-masing. Untuk wilayah Sumatera Barat diberi nama Kelas Maya – Si Cadiak Pandai. Penerapan Media Pembelajaran ini pada SMK N 1 Kota Bukittinggi berlangsung semenjak pandemi Covid-19. Namun perlu kita ketahui penerimaan pengguna terhadap teknologi yang baru dikembangkan dan memiliki beberapa hambatan pada saat menggunakannya. Sehingga perlu dilakukan analisa terhadap tingkat penerimaan media pembelajaran online Kelas Maya – Si Cadiak Pandai menggunakan Technologhy Acceptance Model dengan pendekatan Structural Equation Model dan Partial Least Square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hipotesa yang telah dirancang pada tenaga pendidik berpengaruh secara signifikan terhadap penelitian dan pada peserta didik ditemukan dua hipotesis yang tidak berpengaruh secara signifikan. Rekomendasi penelitian adalah memberikan pelatihan dan buku panduan (manual book) sehingga dapat meningkatkan faktor kemudahan dan kegunaan pengguna dalam memahami media pembelajaran online Kelas Maya - Si Cadiak Pandai.Penerimaan media pembelajaran online, Technologhy Acceptance Model, Structural Equation Model, Partial Least Square, Covid-19.
IMPLEMENTASI METODE SMARTER DAN COPRAS UNTUK PENENTUAN PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR PADA WILAYAH TERDAMPAK KASUS COVID-19 Dinda Chahya; Marlina Zhafira; Mustakim Mustakim
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.12470

Abstract

Sejak tahun 2019 hingga awal tahun 2021 ini berbagai negara di dunia termasuk Indonesia dilanda pandemik Covid-19, yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama SARS-CoV-2. Karena cepatnya penyebaran virus ini dan membawa dampak kematian besar bagi  orang-orang yang terinfeksi, beberapa negara mengeluarkan kebijakan lockdown untuk memutus penyebaran Covid-19. Negara Indonesia juga memiliki kebijakan yaitu penerapan Sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada beberapa wilayah di Indonesia. Di  Provinsi  Riau  sendiri,  hingga  tanggal  22  Januari  2021,  total  27.851 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk memudahkan Pemerintah Provinsi Riau dalam menentukan Kabupaten/Kota yang sebaiknya menerapkan  PSBB,  maka  dapat dilakukan perhitungan dengan menerapkan metode tertentu, dimana dalam penelitian ini dikombinasikan dua metode yaitu metode SMARTER untuk mencari nilai bobot setiap kriteria dan dilanjutkan dengan metode COPRAS untuk pemilihan alternatif terbaik. Adapun kriteria yang digunakan adalah lima kriteria yang terdiri dari total isolasi mandiri, total pasien dirawat, total pasien sembuh, total kasus meninggal, dan kepadatan penduduk. Hasil yang diperoleh dari kombinasi dua metode ini adalah Kota Pekanbaru ada di ranking pertama dengan nilai utility 100 % sedangkan ranking terakhir adalah  Kabupaten Meranti dengan nilai utility sebesar 8,9 %.
SISTEM INFORMASI PENGURUSAN SURAT REKOMENDASI KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) BERDASARKAN DTKS DI DINAS SOSIAL KABUPATEN KAMPAR Fitra Kurnia; Elviani Syamsikar
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.14069

Abstract

Dinas Sosial Kabupaten Kampar merupakan suatu organisasi perangkat daerah yang bergerak dibidang sosial, salah satunya adalah pelayanan pengurusan surat rekomendasi Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam menjalankan tugas pelayanan, terdapat beberapa  kendala pada saat proses pengurusan surat rekomendasi dan pengolahan laporan data rekomendasi, karena masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word sehingga menyebabkan kesalahan saat penginputan data pemohon, seperti penginputan NIK dan ID DTKS. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka dibangun sebuah Sistem Informasi Pengurusan Surat Rekomendasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Berdasarkan DTKS di Dinas Sosial Kabupaten Kampar. Perancangan sistem ini dilakukan analisa menggunakan model Unified Modeling Language (UML) yang meliputi Use Case Diagram, Database dan Sequence Diagram. Sistem Informasi Pengurusan Surat Rekomendasi KIP Berdasarkan DTKS di Dinas Sosial Kabupaten Kampar yang telah dibangun, mampu memberikan kemudahan kepada operator pada sub bagian penanganan fakir miskin. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, menu-menu yang ada pada sistem telah berhasil dijalankan, dan berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) di dapatakan hasil 90,4% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Dinas Sosial, DTKS, Sistem Informasi, Surat Rekomendasi, UML.
EVALUASI USABILITY WEBSITE DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE Sabrina Aisyah; Eki Saputra; Nesdi Evrilyan Rozanda; Tengku Khairil Ahsyar
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13066

Abstract

ABSTRAK              Salah satu penerapan e-goverment yang telah diterapkan pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau yaitu dengan memanfaatkan website resminya sebagai media publikasi informasi terkait pendidikan dengan alamat https://disdik.riau.go.id. Website ini telah berjalan kurang lebih 10 tahun dan belum pernah dilakukan evaluasi dengan standar metode tertentu untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan evaluasi usability website Dinas Pendidikan Provinsi Riau menggunakan metode System Usability Scale (SUS). SUS telah terbukti valid dan reliable, dan dapat digunakan dengan mudah. SUS terdiri 10 pertanyaan John Brooke dengan hasil berupa skor 0-100. Penentuan responden menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 orang yang didapatkan dari teknik lemeshow. Hasil yang diperoleh dari perhitungan SUS yaitu 51,87, untuk kategori adjective rating termasuk ok, dengan grade scale F, dan termasuk marginal low untuk kategori acceptability ranges dimana website sudah dapat diterima tetapi tingkat penerimaan yang masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa website masih perlu dilakukan perbaikan untuk menghasilkan tingkat penerimaan yang lebih baik. Penelitian ini menghasilkan 6 rekomendasi solusi perbaikan yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pengembangan website kedepannya. Kata Kunci:  E-goverment, System Usability Scale, Usability, Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau ABSTRACTOne of the applications of e-government that has been implemented at the Riau Provincial Education Office is by utilizing its official website as a media for publication of information related to education with the address https://disdik.riau.go.id. This website has been running for about 10 years and has never been evaluated by a certain standard method. to measure the level of end-user satisfaction. The purpose of this research is to evaluate the usability of the Riau Provincial Education Office website using the System Usability Scale method. SUS has been proven valid and reliable, and can be used easily. The SUS consists of 10 John Brooke questions with a score of 0-100. Determination of respondents using accidental sampling technique with the number of respondents 96 people obtained from the Lemeshow technique. The results obtained from calculations using the SUS method 51.87, for the adjective rating category is ”ok”, with ”F” grade scale, and ”marginal low” for the acceptability ranges category means the website is acceptable but the acceptance rate is still relatively low. This shows that the website still needs to be improved to produce a better acceptance rate. This research resulted in 6 recommendations for improvement solutions that can be used as a reference in website development. Keywords: E-government, System Usability Scale, Usability, Riau Provincial Education Office Website
RANCANG BANGUN SISTEM PENGOLAHAN DATA DAN TRANSAKSI SISWA LPK CAHAYA Fitra Kurnia; Muhammad Syahril; Siska Gusti
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13290

Abstract

Lembaga Pendidikan Komputer Cahaya Ananda merupakan sebuah lembaga kursus dan pelatihan komputer, yang dimana Lembaga Pendidikan Komputer Cahaya Ananda ini membuka pelatihan Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis. Lembaga Pendidikan Komputer Cahaya Ananda didalam pengolahan data masih menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word dengan layanan offline. Siswa yang mendaftar harus datang langsung ke instansi melakukan registrasi dan membayar secara langsung. Pencatatan dalam kegiatan pendaftaran siswa ini masih menggunakan buku besar sehingga datanya sulit dicari ketika ingin digunakan kembali, untuk pencarian data biasanya memakan waktu yang lama dan juga sering terjadi sebuah redudansi data. Dari masalah tersebut maka dibuatlah sebuah Sistem Informasi Pengolahan Data dan Transaksi Siswa menggunakan bahasa pemograman PHP dan Database sebagai tempat penyimpanan data. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan dan Transaksi Siswa maka data hanya sekali input langsung tersimpan kedalam database dan tidak ada data yang ganda karena mempunyai sebuah primary key yang berbeda. Untuk pencarian data tidak memerlukan waktu yang cukup lama dengan membuka form pencarian. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan Black Box dan Pengujian UAT, yang mana hasil dari pengujian Black Box tersebut telah berhasil atau sukses dijalankan sesuai dengan yang diharapkan, dan untuk Pengujian UAT didapatkan hasil presentase 85% hingga 100% dengan kategori bahwa sistem tersebut dapat digunakan dengan sangat mudah.
ANALISIS ALGORITMA BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK DALAM PERMALAN JUMLAH BENIH IKAN Rice Novita; Asihhanida Putri
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.12840

Abstract

Backpropagation adalah salah satu algoritma supervised learning yang digunakan dalam artificial neural networks. Backpropagation akan mencari nilai bobot terbaik agar dapat meminimalkan kesalahan output agar dapat menjadi solusi yang dianggap benar. Kelebihan metode ini adalah mampu memformulasikan pengalaman dan pengetahuan peramal, serta sangat fleksibel dalam perubahan aturan prakiraan.. Balai Benih Ikan (BBI) Teso adalah BBI yang berada dibawah naungan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuantan Singingi yang memiliki salah satu tugas pokok untuk memproduksi hasil tangkapan ikan dan mendistribusikannya ke suplier (masyarakat kuansing) untuk dipasarkan.. Pada penelitian ini dilakukan analisa dan perbandingan tingkat keberhasilan metode Backpropagation Neural Network dan Regressi Linear sebagai algoritma untuk estimasi produksi ikan pada BBI Teso. Hasil dari perhitungan metode Backpropagation dengan masukan 36 data tahun 2016-2018 disimpulkan tidak layak digunakan terhadap dataset seperti dataset jumlah produksi ikan pada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi dengan melihat pada hasil error yang dihasilkan  melebihi 50% pada proses testing yaitu 53%.
IMPLEMENTASI METODE SMARTER UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAHAN KELAPA SAWIT PADA PT EKA DURA INDONESIA Siti Monalisa; Abdul Wahid
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v7i2.13144

Abstract

Aplikasi ini merupakan sistem pendukung keputusan untuk penentuan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit dengan menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER) dan menggunakan Rank Order Centroid (ROC) untuk perhitungan, dengan studi kasus yang digunakan adalah PT. Eka Dura Indonesia. sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 5 (lima) kriteria yang dijadikan penilaian dalam analisa kelayakan pemilihan lokasi pekebunan yaitu luas area, tekstur tanah, curah hujan, lereng, dan topografi. Hasil akhir dari perhitungan SMARTER ini beruparank nilai dari total keseluruhan data yang sudah di rangkingkan sehingga nilai tertinggi merupakan rekomendasi terbaik untuk dibangun lahan perkebunan kelapa sawit. Output penelitian ini berupa sebuah aplikasi Pemilihan Lahan Kelapa sawit yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diimplementasikan untuk mendukung dalam merekomendasikan sebuah pemilihan berdasarkan analisa yang telah dilakukan. Dengan adanya SPK ini diharapkan dapat membantu pihak PT.Eka Dura Indonesia dalam mengambil keputusan secara terkomputerisasi dalam pemilihan lokasi pembangunan lahan kelapa sawit selanjutnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 14